Apa Perbedaan CPU dan GPU?

Beberapa perbedaan antara cpu dan gpu


CPU dan GPU adalah perangkat penting dari sistem elektronik dan keduanya melayani tujuan yang berbeda. Berbicara tentang perbedaan utama antara CPU dan GPU, CPU adalah mikroprosesor yang digunakan untuk menjalankan instruksi yang diberikan oleh suatu program. Sebaliknya, GPU awalnya dirancang untuk merender gambar di game komputer.


Selain itu ada beberapa perbedaan penting antara CPU dan GPU yang akan kita pahami dibawah ini melalui tabel perbedaannya, namun sebelum itu mari kita lebih memahami apa itu CPU dan GPU.


Apa itu CPU?

Bentuk lengkap CPU adalah Central Processing Unit , ini adalah perangkat yang terutama digunakan di setiap sistem komputer dan berfungsi sebagai otak. CPU terdiri dari ALU (Arithmetic Logic Unit) yang digunakan untuk melakukan perhitungan dan menyimpan data sementara.


Sebuah CPU juga berinteraksi dengan unit komputer lainnya seperti memori, input dan output, untuk mengeksekusi instruksi dari memori itu sebabnya antarmuka juga merupakan bagian penting dari CPU. Antarmuka I/O terkadang disertakan dalam unit kontrol.

Central Processing Unit (CPU) memiliki karakteristik sebagai berikut.

  • CPU dianggap sebagai otak komputer.
  • CPU melakukan semua jenis operasi pemrosesan data.
  • Ini menyimpan data, hasil antara dan instruksi (program).
  • Ini mengontrol pengoperasian semua bagian komputer.

Central Processing Unit (CPU) terdiri dari tiga jenis komponen yaitu sebagai berikut.

  • Memori atau Unit Penyimpanan
  • Satuan Kontrol
  • ALU (Unit Logika Aritmatika)


Apa itu GPU?

Bentuk lengkap GPU adalah Graphics Processing Unit , seperti namanya, GPU digunakan untuk pemrosesan grafis. GPU seperti prosesor tetapi dirancang khusus untuk perhitungan tampilan grafis.


GPU adalah sirkuit elektronik yang digunakan untuk mempercepat pembuatan gambar 2D dan 3D. GPU di komputer dibangun ke dalam CPU atau motherboard, yang artinya merupakan perangkat keras terpisah dalam bentuk kartu video. Menjadi prosesor terpisah, GPU memungkinkan sumber daya CPU komputer digunakan untuk tugas lain yang lebih penting.


Unit pemrosesan grafis, atau GPU, adalah perangkat keras terpenting untuk komputer pribadi dan bisnis saat ini. Meskipun ini paling sering digunakan di komputer game.


7. Perbedaan antara CPU dan GPU 


Kita sudah mengetahui apa itu CPU dan GPU, jika anda sudah membaca semua hal diatas dengan seksama, maka anda pasti sudah mengetahui perbedaan antara CPU dan GPU.


Jika Anda masih bingung memahami apa itu CPU dan GPU dan apa perbedaannya, maka sekarang kami akan memberi tahu Anda beberapa perbedaan penting di antara keduanya di bawah ini.


No CPU GPU
1 CPU adalah Central
Processing Unit.
GPU adalah (Graphics
Processing Unit)
2 membutuhkan lebih
banyak memori
mengkonsumsi lebih
sedikit memori
3 Inti CPU sangat bertenaga Inti GPU lemah.
4 CPU cocok untuk pemrosesan
instruksi serial.
CPU menekankan
latensi rendah.
5 CPU menekankan
latensi rendah.
GPU menekankan pada
throughput yang tinggi.
6 cocok untuk pemrosesan
instruksi paralel.
Tidak cocok
permrosesan intruksi paralel
7 Kecepatan CPU kurang
dari kecepatan GPU.
Kecepatan GPU lebih dari
kecepatan CPU.


kesimpulan

  Pada postingan hari ini, kita telah mempelajari apa itu CPU dan GPU dan apa perbedaan antara CPU dan GPU? Kesimpulannya kita dapat mengatakan bahwa CPU dan GPU adalah dua perangkat yang berbeda dan keduanya memiliki kepentingan yang sama dalam suatu sistem.

Info Tentang Perkembangan Teknologi