Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Rusak Di Jamin Ampuh !!!

Cara memperbaiki hard drive di Windows Cara memperbaiki hard drive di Mac Cara memperbaiki bagian mekanis hard drive


   Hard disk adalah salah satu komponen komputer yang paling rumit, serta salah satu yang paling mudah rusak. Saya jelas berbicara tentang disk

mekanis klasik, SSD paling modern jauh lebih tahan dari sudut pandang fisik, tetapi mereka juga tunduk pada masalah perangkat lunak yang dapat menyebabkan crash, layar kesalahan dan masalah lain pada sistem operasi komputer.


    Jika Anda menghadapi situasi seperti ini dan jika Anda menduga bahwa hard drive PC Anda - baik itu drive mekanis atau SSD - telah gagal, jangan
langsung memikirkan yang terburuk. Sebelum berpikir untuk mengganti drive, Anda sebenarnya dapat mencoba memperbaikinya dan melihat apakah masalah yang Anda temui disebabkan oleh kesalahan perangkat lunak. 


    Bagaimana anda mengatakan? Apakah Anda pikir Anda tidak memiliki keterampilan komputer yang diperlukan? Jangan takut! Dengan menggunakan solusi khusus yang tersedia "standar" pada Windows macOS dan Menggunakannya mengikuti instruksi yang akan saya berikan kepada Anda, berhasil bukanlah tidak mungkin, justru sebaliknya. Baca terus dan praktikkan petunjuk saya tentang cara memperbaiki hard drive komputer Anda untuk melihat apakah Anda dapat memperbaikinya sendiri. Jika terjadi masalah perangkat keras, sayangnya, satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi pusat resmi. Saya berharap Anda sukses besar untuk
semuanya!


Indeks
  • Cara memperbaiki hard drive di Windows 
          • Utilitas pemeriksaan kesalahan
          • ScanDisk
          • Prompt Perintah
  • Cara memperbaiki hard drive di Mac
  • Cara memperbaiki bagian mekanis hard drive

Cara memperbaiki hard drive di Windows


Jika Anda tertarik untuk memahami cara memperbaiki hard drive dan
Anda menggunakan Windows , ketahuilah bahwa Anda dapat menggunakan
dua solusi yang terintegrasi dalam sistem operasi Microsoft yang terkenal
untuk tujuan Anda. Dalam hal ini, saya mengacu pada utilitas pemeriksaan
kesalahan dan ScanDisk "historis" , yang memiliki antarmuka pengguna
yang memfasilitasi pekerjaan perbaikan disk. Atau, Anda dapat menggunakan
Command Prompt , menggunakan perintah tertentu. Mari kita lihat lebih
dekat ketiga solusi tersebut.

Utilitas pemeriksaan kesalahan




    Jika PC Anda dilengkapi dengan Windows 8 atau lebih baru, seperti contoh Windows 11, ketahuilah bahwa pemeriksaan disk berjalan di cara yang sepenuhnya otomatis langsung dari sistem operasi dan, oleh karena itu, tidak harus ada kebutuhan untuk bertindak secara manual (baik dalam kasus disk mekanik dan SSD).


   Bagaimanapun, tidak ada yang melarang Anda untuk melakukan kontrol manual dari hard disk PC Anda. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu memulai File Explorer dari
Windows, dengan mengklik ikonnya (yang memiliki folder kuning) ditempatkan pada bilah tugas


   Di jendela di desktop, buka menu PC ini yang terletak di bilah
kiri dengan mengklik tombol (⌵), klik kanan pada nama drive yang
Anda ingin memeriksa (misalnya Disk Lokal C :) dan pilih Properties
dari menu yang muncul.


    Terakhir, klik pada tab Alat yang terletak di yang baru jendela yang ditampilkan kepada Anda, klik tombol Periksa dan kemudian klik Analisis item unit di jendela yang terbuka. Sekarang, Anda tidak perlu
lakukan adalah menunggu selesainya operasi dan apa saja perbaikan kesalahan yang diidentifikasi oleh utilitas kontrol.


ScanDisk 



     Sebaliknya, jika komputer Anda macet di Windows 7 atau versi sebelumnya dari
Sistem operasi Microsoft (buruk! Ini sekarang adalah produk usang dan tidak aman!), utilitas pengecekan kesalahan yang tersedia disebut ScanDisk dan sangat mudah digunakan. 


    Untuk menggunakannya, klik tombol Start (tombol dengan Windows) yang Anda temukan di bilah tugas dan pilih item Komputer dari menu yang terbuka.


  Kemudian, klik kanan pada ikon drive yang ingin Anda periksa dan
perbaiki jika perlu (mis. Disk lokal (C :)) dan, di menu yang ditampilkan,
klik pada item Properties.


     Sekarang, pilih tab Tools, klik tombol Run ScanDisk dan centang kotak Perbaiki kesalahan file secara otomatis sistem e Cari bad sector dan coba recovery.


   Untuk memulai prosedur pencarian kesalahan dan akhirnya perbaiki, tekan tombol Mulai dan tunggu sampai selesai
operasi. Saya sudah mengantisipasi bahwa prosedur analisis bisa bertahan
beberapa menit, jadi bersabarlah. Oke?


Command prompt



    Anda dapat mencoba memperbaiki hard drive di Windows juga menggunakan Command prompt dan, khususnya, perintah CHKDSK (singkatan dari CheckDisk, yang dalam bahasa Italia dapat diterjemahkan “memeriksa” disk). Perintah ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan eksekusi dari pemeriksaan disk dengan beberapa variabel yang mungkin berguna jika masalah tertentu yang dihadapi dalam memperbaiki disk.


    Untuk menggunakannya, mulai Command Prompt: ketik istilah "cmd" di bilah pencarian Windows, klik kanan pada namanya aplikasi, pilih Jalankan sebagai administrator dari menu yang membuka dan mengonfirmasi operasi dengan menekan tombol Ya di jendela yang muncul.


     Setelah Anda meluncurkan Command Prompt, berikan perintah CHKDSK C: / F / R atau CHKDSK C: / spotfix (hanya di Windows 8 dan nanti) dan tekan tombol Enter pada keyboard Anda. Kemudian konfirmasi awal prosedur pemeriksaan disk saat PC dihidupkan ulang dengan mengetik pertama huruf S dan tekan tombol Enter lagi. Seperti yang saya katakan sebelumnya, ada juga variabel yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pelaksanaan pemeriksaan disk. 


Berikut adalah beberapa yang mereka dapat berguna untuk memecahkan masalah yang dihadapi selama prosedur perbaikan hard disk.


  •  / F - untuk memperbaiki kesalahan pada disk. 
  •  / R - untuk menemukan sektor disk yang buruk dan memulihkan informasi yang ada di dalamnya. Untuk menggunakannya Anda harus menggunakan variabel / F. 
  •  / V - untuk menampilkan nama dan path lengkap semua file di disk (hanya untuk disk yang diformat dengan sistem file FAT atau FAT32).
  •   / X - untuk melepas volume secara paksa. Untuk menggunakannya, bahkan dalam hal ini membutuhkan penggunaan variabel / F. 
  •  / pindai - untuk memperbaiki kesalahan yang dapat diperbaiki tanpa me-reboot sistem (hanya pada Windows 8 dan versi yang lebih baru). 
  •  / spotfix - untuk memperbaiki kesalahan disk pada reboot berikutnya sistem (hanya pada Windows 8 dan versi yang lebih baru).


Jika Anda ingin memiliki informasi lebih lanjut tentang penggunaan ini dan lainnya variabel dan, lebih umum, menggunakan perintah CHKDSK, saya sarankan untuk melihat panduan khusus saya. Saya yakin ini juga membaca akan bermanfaat bagi Anda.


Cara memperbaiki hard drive di Mac

     Sekarang mari kita beralih ke dunia Mac dan mencari tahu cara memperbaikinya hard disk dalam kasus itu. Semudah itu, jangan khawatir. Untuk berhasil, Anda bisa gunakan alat Utilitas Disk default, yang juga memiliki antarmuka pengguna, atau Anda dapat bertindak melalui Terminal, lalu mengintervensi dari jalur memerintah. Pilihan ada padamu! 


Utilitas Disk



Untuk mencoba memperbaiki hard drive di Mac, baik itu mekanis atau SSD, Anda dapat menggunakan Utilitas Disk terlebih dahulu, aplikasi "standar" yang tersedia di macOS hampir selalu dan berkat itu dimungkinkan untuk membuat dan format disk, buat gambar disk dan verifikasi (serta benar) i izin hard drive


   Untuk dapat menggunakannya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memulai utilitas, membuka Launchpad, mengklik ikonnya (ikon dengan kotak berwarna) ditemukan di bilah Dock, dan memilih ikon utilitas (satu dengan disk dan stetoskop).

    Setelah jendela utama Utilitas Disk muncul, klik tombol nama hard disk di sebelah kiri (jika tidak terlihat, untuk memperbaiki, klik tombol Lihat yang terletak di kiri atas dan pilih item Tampilkan bilah sisi dari menu yang terbuka) dan klik tombol S.O.S. terletak di bagian atas. 

    Kemudian tekan tombol Run untuk memulai prosedur memungkinkan Anda untuk menganalisis dan memverifikasi integritas hard disk. Sekarang, tunggu prosedur analisis disk selesai (mungkin perlu beberapa saat, jangan berkecil hati!), lalu alatnya akan memeriksa kesalahan dan, jika terdeteksi, memperbaikinya.

    Diri sendiri Anda juga dapat memperluas menu Tampilkan Detail untuk melihat secara rinci kesalahan mana yang telah diidentifikasi dan mungkin diperbaiki. Jika Disk Utility gagal memperbaiki disk memperbaiki kesalahan yang diidentifikasi, coba ulangi operasi. 

  jika masalah tetap ada, saya mengundang Anda untuk membuat cadangan data yang disimpan di disk, format disk dan instal ulang macOS, mungkin dengan bantuan panduan yang Saya baru saja menghubungkan Anda. 


Terminal


   Anda juga dapat mencoba memperbaiki hard drive di Mac melalui Terminal, kemudian bertindak dari baris perintah. Bagaimana Anda melakukannya? Saya akan menjelaskannya kepada Anda langsung. Untuk memulainya, akses Launchpad dengan mengklik yang relevan ikon (yang dengan kotak berwarna) yang terletak di bilah Dock, kemudian mulai Terminal, pilih ikon relatif (ikon dengan jendela hitam dan baris kode) yang Anda temukan di layar sekarang terlihat. 

   Di jendela yang sekarang muncul di desktop, ketik perintah berikut: diskutil verifikasiVolume "/ Volumes / [nama volume] "atau diskutil memverifikasiVolume / untuk mengeksekusi memeriksa volume utama secara langsung. Kemudian, tekan tombol Masuk pada keyboard dan masukkan kata sandi admin Mac. Kemudian tunggu analisis disk selesai dan jika di akhir tidak ada pesan yang ditampilkan kepada Anda berarti tidak terdeteksi masalah.

   Jika Anda diberi tahu tentang kesalahan, cobalah untuk untuk memperbaikinya masukkan perintah diskutil repairVolume "/ Volumes / [nama volume] ". Untuk memperbaiki disk utama secara langsung, Anda dapat menggunakan diskutil repairvolume / perintah. 


Cara memperbaiki bagian mekanis hard drive


  Sudahkah Anda mencoba memperbaiki hard drive komputer Anda dan meskipun Anda telah mengikuti surat semua indikasi yang telah saya berikan kepada Anda di baris sebelumnya, apakah Anda terus memiliki masalah? Dalam hal ini, saya minta maaf untuk memberi tahu Anda dingin, tetapi kesulitan yang Anda alami dapat ditelusuri kembali ke masalah perangkat keras. 

  Dalam situasi tersebut, Anda dapat mencoba membawa hard drive Anda ke a perbaikan khusus dan lihat apakah mereka dapat memperbaiki milik Anda di sana masalah, akan melakukan penggantian suku cadang rusak. Untuk menemukan pusat khusus di daerah Anda, lakukan satu

Pencarian Google. dan jika Anda terganggu oleh gagasan untuk mencoba memperbaiki atau sebaliknyaj ika Anda telah melakukan upaya ini tetapi tidak berhasil, yang terbaika Saran yang bisa saya tawarkan kepada Anda pasti untuk mengganti hard diskr usak dengan yang baru. 


Info Tentang Perkembangan Teknologi